PROFIL


UNIVERSITAS BANDUNG RAYA (UNBAR) didirikan melalui proses kreatif yang dimulai dengan penyatuan (merger) 4 (empat) Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mandiri yang kemudian dikembangkan menjadi 4 (empat) fakultas di lingkungan Universitas Bandung Raya.  Ikrar penyatuan tersebut dilakukan pada tanggal 18 Mei 1984.

Badan penyelenggara Unbar adalah Yayasan Pembina Unbar (YPU) berdasarkan Keputusan Mendikbud RI Nomor: 0652/1985 tanggal 30 Desember 1985. YPU sebagai Badan penyelenggara Unbar dikukuhkan dengan akta Notaris BM Sri Sugiarto SH, Nomor: 26 tanggal 16 Juni 1984. Proses pengembangan Universitas Bandung Raya tumbuh tidak terpisah dari lingkungan strategis dan dinamika masyarakat yang ada disekitarnya.

Dengan latar belakang terbentuknya Unbar yang unik, akan mencirikan beragamnya pendekatan yang dimiliki dengan masing-masing konsentrasi program yang diembannya,  Dengan pendekatan yang menyeluruh (holistik), perbedaan konsentrasi pada wilayah garapan program, ditemukan titik kesamaan pandangan yaitu perlu adanya kebersamaan dalam merumuskan program dan memecahkan masalah yang dihadapi secara konprehensif.

Seluruh Program Studi di Lingkungan Universitas Bandung telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi.

berasal dari Akademi Pimpinan Perusahaan Bandung (APPB) – Yayasan Pendidikan Merdeka (YPM  dengan jurusan/program Studi :

  1. Program Studi Akuntansi (S-1)  Terakreditasi
  2. Program Studi Manajemen (S-1) Terakreditasi

berasal dari Akademi Tekstil Berdikari (ATB) – Yayasan Pembina Pendidikan Ahli Tekstil (YAPPATEKS) dengan jurusan/program studi :

  1. Program Studi Teknik Industri (S-1), Terakreditasi
  2. Program Studi Teknik Industri Tekstil (D-III), Terakreditasi
  3. Program Studi Teknik Kimia (S-1) Terakreditasi
  4. Program Studi  Teknologi Kimia Tekstil, (D-III), Terakreditasi

berasal dari Akademi Pertanian Nasional (AKPERNAS) – Yayasan Pembina Pendidikan Pertanian (YP-3) dengan jurusan/program studi :

  1. Program Studi Agroteknologi (S1), Terakreditasi dengan minat studi Hortikultura dan Arsitektur Lansekap
  2. Program Studi Agribisnis (S-1), Terakreditasi
  3. Program Studi Teknologi Pertanian (S-1), Terakreditasi
  4. Program Studi Produksi Peternakan (S-1), Terakreditasi

berasal dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) – Yayasan Pendidikan Nasional (YAPENAS) menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Jurusan/program studi :

1. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (S-1), Terakreditasi

%d blogger menyukai ini: